1566
1562
1561
1560
1559
1557
1556
1555
1256
1089

Cara Mendeteksi Kebohongan Lelaki

Avatar yafiz

Di artikel sebelumnya saya menulis tentang cara mendeteksi kebohongan pada wanita. Tidak ada alasan spesifik mengapa saya menulis tentang kebohongan pada wanita, selain memang wanita itu unik, penuh rahasia, dan saya sendiri laki-laki, seperti lelaki lain yang sering dibuat penasaran oleh wanita :) .
Karena tulisan itu, saya mendapat kritikan: "mengapa hanya wanita? ", bahkan sambil guyonan, dianggap "diskriminatif ", de el el.
Nah, untuk menjawab kritikan itu, yang sekaligus saya anggap request, kali ini saya menulis, tentang bagaimana mendeteksi kebohongan pada laki-laki. Biar adil, dan gak diskriminatif! Hehehe....(padahal saya agak malas, soalnya, sama saja dengan membongkar rahasia sendiri, hiks.)

Teknik mendeteksi semacam ini di NLP disebut 'kalibrasi'. Objek kalibrasi tentu banyak sekali, tetapi terutama (ini yang asiknya) terhadap bahasa tubuh. Kenapa asik? Dengan kemampuan kalibrasi ini, seolah kita tahu apa yang ada di dalam hati orang lain, tanpa si dia berbicara,...Hehe :)
Baiklah, berikut saya uraikan sebagian diantara cara mengkalibrasi tingkat kejujuran lelaki, ala 'Neuro Linguistic Programming'.
Perlu dicatat, karena lelaki, tidak seunik wanita dalam urusan rahasia hati, maka, tanda-tanda berikut ini sifatnya umum, artinya bisa berlaku juga bagi wanita.

  1. Perubahan napas

Jika seseorang mulai berbohong, maka dia cenderung menarik nafas lebih berat, ini karena detak jantung dan aliran darah berubah.

  1. Reaksi yang tak terduga

Orang yang berbohong akan meninggikan suaranya ketika didesak dengan pertanyaan. Dia akan mendadak marah dan langsung mengalihkan pembicaraan.

  1. Lihat matanya

Jika pasangan Anda berbohong, tanda yang paling umum dapat dilihat adalah sorot matanya. Orang yang berbohong memiliki sorot mata yang tidak fokus. Ia juga tidak akan berani menatap Anda secara langsung. Khusus tentang mata ini, sudah pernah saya tulis artikelnya, bagaimana mengkalibrasi 'loading' pikiran seseorang melalui mata, di http://caraku-caramu-carakita.com.

  1. Diam

Secara reflek Anda akan berbicara sambil menggerakkan anggota tubuh, namun jika seseorang berbicara dengan posisi diam ini 'patut diwaspadai' karena posisi kaku ini menandakan orang tersebut sedang dalam kondisi "bertahan".

  1. Mengerutkan muka

Ini adalah tanda lain jika seseorang memang berbohong. Orang yang berbohong tidak akan meyadari jika ia mengerutkan muka (mulut menyentuh hidung). Tindakan ini biasanya dilakukan untuk mencari sebuah alasan kebohongan.

  1. Sulit bicara

Untuk kasus ini biasanya ketika orang dalam kondisi stres, sistem saraf secara otomatis mengurangi produksi air liur, efeknya adalah mulut terasa kering dan susah bicara. 

  1. Bicara tanpa ujung yang jelas

Saat Anda bertanya sesuatu pada seseorang, dia akan bercerita atau menjelaskan dengan panjang dan berputar, tanpa ada ujungnya. Bahkan mereka juga akan menyisipkan nama-nama orang yang tidak anda ketahui.

  1. Menyembunyikan tangan

Menyembunyikan tangan di saku celana, di belakang tubuh atau menyilangkan tangan di dada adalah tanda lain pria mencoba menyembunyikan sesuatu. Sebaliknya, orang yang bicara dengan tangan terbuka adalah tanda orang yang berbicara jujur.

  1. Mengulangi kata-kata

Jika pasangan Anda terus mengulangi kata-kata yang sama berulang kali, ini adalah tanda bahwa ia berbohong. Dia akan terus mengulangi kata-kata seperti "percayalah", "saya tidak melakukan itu", dan banyak lagi. Bahkan dalam hal ini mereka juga akan bersumpah untuk meyakini Anda.

Nah, selamat mendeteksi kejujuran pria Anda. Tapi, ingat! Anda juga harus jujur!
Sumber: http://caraku-caramu-carakita.com

Komentar

Avatar roro

Thank's Pak artikelnya....Betul... kayaknya perlu teori keseimbangan...he..he..

Avatar yafiz

Terima kasih bu Roro atas kunjungan dan komentarnya. Hehe,..semoga bermanfaat. Juga teori keseimbangannya. Check and balance, begitukah bu? Thx. :)

Avatar Astri

Setuju pak sama artikelnya..

terutama yang no 9, dari pengalaman pribadi saya, kalau ada usaha yang terlalu berlebihan untuk meyakinkan orang lain atas suatu kejadian biasanya ada unsur bohongnya..cheeky

Avatar yafiz

Terimakasih kunjungan dan komentarnya. Semoga bermanfaat. Eh, semoga baik-baik aja dg yang no. 9 nya, eh, kok banyak amir ya? :)

Halaman-halaman

Patner & Sponsor

Siapa yang online

There are currently 0 users online.

Temukan di FB

Contact us

STIE Kayutangi

Jl. Brigjend H. Hasan Basry No. 9-11
Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Tel     : (0511) 3304652
Fax     : (0511) 3305238
email : it@stiei-kayutangi-bjm.ac.id

Education - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.