1566
1562
1561
1560
1559
1557
1556
1555
1256
1089

3 Jenis Komentar Blog Yang Bermanfaat

Avatar sas2007id

Dalam dunia blogging, kita tak hanya sekedar beraktivitas menulis konten. Ada beberapa aktivitas lain seperti blogwalking, sharing tulisan dan sebagainya yang seharusnya dimanfaatkan dan dimaksimalkan blogger untuk mensukseskan blognya.

Dalam blogwalking sendiri yang merupakan kegiatan mengunjungi blog orang lain ini, ada beragam hal yang bisa Anda kerjakan seperti membaca, berkomentar dan memfollow blog. Diantara tiga kegiatan tersebut, berkomentar adalah hal yang paling umum dilakukan oleh para blogger setelah aktivitas membaca.

Saat blogwalking dengan tujuan untuk meningkatkan trafic blog atau sekedar mencari inspirasi menulis ini tentu merupakan hal yang mendasar jika kita ingin mendapatkan feedback positif dari kegiatan tersebut. Maka dari itulah untuk mendapatkan feedback positif tersebut, Anda tak bisa sembarangan ketika Anda ingin menuliskan komentar Anda.

Kenapa? Ya selain untuk mendapatkan feedback positif tadi, komentar blog yang baik dari kita akan menjadikan pemilik blog tadi merasa dihargai dan bisa menumbuhkan semangat ngeblog dirinya. Komentar blog yang baik memang acapkali akan membuat blogger lebih bersemangat lagi dalam memposting tulisan-tulisannya. Maka jangan ragu untuk berkomentar baik demi menjaga hubungan yang baik dan mempertahankan aktivitas #blogging tetap membara di antara sesama blogger.

Lalu seperti apakah jenis komentar yang baik dicantumkan untuk kebaikan bersama saat melakukan blogwalking ini? Berikut ulasannya.

1. Ucapan Terima Kasih

Komentar blog pertama yang bisa memberikan manfaat antar sesama #blogger ketika blogwalking adalah ucapan terimakasih. Salah satu dari tiga ucapan manjur dalam hubungan manusia ini tentu sangat efektif pula digunakan dalam berkomentar saat blogwalking.

Selain bisa menumbuhkan rasa persahabatan, ucapan terimakasih atas tulisan yang telah disajikan akan membuat sang pemilik blog merasa tersanjung dan dihargai. Dengan demikian, maka Anda secara tidak langsung telah memberikan efek dan hal yang baik bagi blogger yang bersangkutan.

Meski hanya sekadar komentar blog singkat “Termakasih, bro”, hal ini akan memberikan sesuatu yang positif bagi blogger dan tentunya jaringan blog yang sedang Anda bangun. Walau komentar singkat sudah cukup untuk sesuatu yang bermanfaat bagi blogger, namun juga Anda tak terus terusan untuk berkomentar singkat.

Jika Anda punya pendapat sendiri yang baik, tidak ada salahnya Anda juga mencantumkanya pada blog tersebut. Ingat, Anda adalah seorang blogger yang identik dengan dunia kepenulisan juga. Jadi tulisan komentar pada beberapa blog juga merupakan bisa membuktikan eksistensi Anda sebagai blogger.

2. Ungkapan Setuju Atau Sepakat

Secara umum, semua manusia akan merasa senang jika pendapat dan argumentasinya mendapatkan dukungan dari orang lain. Hal ini berlaku juga pada dunia blogging. Saat blogger menulis sebuah tema atau topik tertentu, maka sebenarnya ia juga ingin mendapat dukungan dari blogger lainnya.

Lewat tulisan digital, ia menyampaikan pendapatnya tersebut agar dilihat, dikomentari dengan nada dukungan dan persetujuan. Ini adalah sifat dasar manusia yang seharusnya Anda maksimalkan untuk kegiatan blogging guna meningkatkan jaringan dan trafic blog Anda.

Maka dari itu saat blogwalking, ungkapkanlah rasa persetujuan dan kesepakatan Anda pada tulisan blog yang Anda kunjungi. Bila memang ada beberapa atau keseluruhan dari tulisan tersebut yang tidak sesuai dengan Anda, maka bukan tidak berarti Anda kemudian mencela dan berkomentar negatif. Dalam kasus ini Anda masih bisa mendukung tulisan tersebut dengan komentar blog seperti “saya setuju dengan Anda , namun ada baiknya jika …..”.

Lakukanlah dengan memberikan komentar blog yang elegan meski Anda tidak setuju dengan argumen pada tulisan blog tersebut.

3. Pernyataan Manfaat Dari Tulisan yang Kita Baca

Jenis komentar blog terakhir saat blogwalking yang bermanfaat adalah pernyataan manfaat dari tulisan yang telah kita baca. Dengan menyatakan bahwa tulisan yang kita baca tersebut berguna dan bermanfaat, maka secara tidak langsung kita telah membangun hubungan yang baik dengan yang empunya blog.

Dan yang jelas dengan adanya komentar blog yang baik seperti pernyataan manfaat tulisan tersebut maka blogger yang membacanya akan jadi bersemangat lagi untuk menulis artikel-aritikel berikutnya yang lebih menarik dan berkualitas. Maka jangan ragu untuk berkomentar “wah, benar-benar bermanfaat nih tulisannya..” dan sejenisnya jika Anda ingin mendapatkan feedback yang positif untuk blog Anda.

 

<maxmanroe>

Tags: 

Patner & Sponsor

Siapa yang online

There are currently 0 users online.

Temukan di FB

Contact us

STIE Kayutangi

Jl. Brigjend H. Hasan Basry No. 9-11
Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Tel     : (0511) 3304652
Fax     : (0511) 3305238
email : it@stiei-kayutangi-bjm.ac.id

Education - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.